Blog kepenulisan

Sabtu, 14 Oktober 2017

Mencipta kata Baru

#Mencipta# #Kata##Baru

Mencipta kata baru. Sebelumnya saya tidak pernah berfikir tentang hal tersebut bahkan dalam kuliah online saya merasa mustahil bisa mencipta kata. Ketika Jisa Afta menyampaikan di dalam kuliah online di face book group jisa Afta bahwa dia menciptakan kata baru karena tak mungkin menghafalkan nama bunga yang pernah diketahui. Lalu kami di latih mencipta kata nama tokoh. Ternyata saya bisa mencipta lebih dari 100 nama. Ini yang membuka pikiran saya. Mulailah dari diri pribadi saya dulu berlatih.selama kurang lebih 2 bulan mengikuti pembelajarannya saya berhasil menulis buku yang berjudul Catatatan harian belajar di bukit nuris. Dalam cerita itu saya bisa menulis drama fantasi, puisi, kisah sketsa, dongeng dan juga cerita fantasi. Saya juga berhasil menciptakan kata baru biplong, bukit nuris, danau kehind, pohon khan, pohon chat, rumput komparius, bunga sabrust, buah cinsa, burung prisk yang itu tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Tentu itu sebuah prestasi menurut saya. Yang itu merupakan makna simbolis dalam cerita atau puisi yang saya tulis dan saya siap menjelaskannya.

Dengan pengalaman tersebut maka munculah pemikiran saya bahwa mencipta kata yang merupakan puncak pencapaian dari teknik jisa afta ini bisa diterapkan di jenjang SMP pada pembelajaran menulis puisi. Paling tidak saya sudah menulis buku maka untuk melatih siswa menulis puisi dengan teknik Jisa Afta/ teknik semilir saya memiliki kayakinan bisa.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Advertisement

BTemplates.com

Elegant Themes

Advertisement

Popular Posts